Mengapa Anda Harus Mempelajari Kunci Gitar Bass?

Memahami Akord Gitar Bass, Elemen Kunci untuk Menguasai Gitar Bass Tutup mata Anda dan dengarkan. Apakah ada suara yang lebih membangkitkan emosi daripada gitar yang dimainkan dengan baik? Ketika Anda belajar gitar sendiri terutama gitar bass, itu akan menjadi pengalaman indah yang mengisi Anda dengan kegembiraan pencapaian. Saat Anda pertama kali mulai mempelajari akord gitar bass, salah satu tugas yang paling sulit untuk dikuasai adalah melatih jari Anda melakukan apa yang Anda inginkan.

• Jadi apa sebenarnya Chord itu ? Akord adalah chord prinsip yang mendasari setiap karya musik yang ada. Akord adalah 3 nada berbeda dari 1 tangga nada yang dimainkan secara bersamaan. Misalnya, G mayor adalah GBD, root, sepertiga, dan kelima. G minor adalah G-Bb-D, root, sepertiga yang diturunkan (tentu saja), dan seperlima. Saat Anda memainkan 3 nada ini satu senar gitar, itu akan menciptakan harmoni yang terdengar bagus yang enak di telinga.

• Memahami simbol akord gitar BassAkord gitar sering menyertakan simbol dalam tata letak diagram akord. Garis vertikal adalah senar gitar, garis horizontal adalah fret. Tanda x di atas garis vertikal menunjukkan bahwa senar bebas atau tidak dimainkan, sedangkan huruf O menunjukkan senar terbuka atau senar yang tidak dimainkan pada fret. Sebuah lingkaran penuh berarti string harus resah. Untuk mempelajari akord gitar Anda harus terlebih dahulu mengetahui suara yang dihasilkan setiap getaran pada setiap senar gitar. Pada titik ini Anda juga harus memahami bagaimana penempatan jari akan mengubah getaran pada setiap senar gitar. Untuk mempelajari akord gitar dengan cara ini, latihan dan pengulangan adalah kunci sukses. Anda akan segera memahami bagaimana akord gitar yang berbeda bersatu untuk membentuk sebuah lagu. Jika Anda tahu akordnya, Anda akan tahu lagunya – sesederhana itu. Setelah pemain gitar mendapatkan beberapa jilatan dan trik di bawah ikat pinggang mereka, mereka menjadi malas. Ketika Anda mempertimbangkan kombinasi yang tersedia hanya dari satu akord dalam satu posisi di leher, itu benar-benar mengejutkan, apalagi ratusan posisi dan variasi lain yang tersedia. Hanya dengan bereksperimen dengan satu bentuk akord di tempat awal yang berbeda di fretboard dapat membawa pikiran dan jari Anda ke area yang belum dipetakan yang tidak dapat Anda bayangkan sebelumnya.

Mengapa Seorang Bassis Membutuhkan Simbol Akor?
Meskipun bassis biasanya tidak memainkan banyak akor sendiri pada bass, bassis masih sangat terlibat dalam membentuk suara akord bersama dengan seluruh band atau ansambel. Sebagai seorang bassis, ketika Anda bermain dengan sekelompok musisi, Anda memainkan salah satu dari “3 nada atau lebih yang berbeda” yang membentuk akord yang dimainkan oleh seluruh band. Dalam banyak situasi, bassis tidak diberi tahu nada spesifik apa yang harus dimainkan, tetapi hanya akord dari sebuah lagu. Dalam situasi umum ini, bassis diharapkan memainkan nada yang mendukung dan melengkapisuara setiap akord saat lewat. Jadi, bassis sering membaca simbol akord dalam musik tertulis dan membuat atau mengimprovisasi bassline yang cocok dengan akord lagu alih-alih memainkan bassline tertentu yang ditulis. Jangan berkecil hati jika Anda mencoba untuk belajar gitar sendiri. Ikuti langkah-langkah di bawah ini dan Anda akan segera memainkan lagu favorit Anda dengan mempelajari akord gitar dasar.

1. Dapatkan bagan akord gitar dan lihat di mana letak fingering untuk setiap akord
2. Mulailah dengan memilih setidaknya dua akord dasar dan kerjakan transisi di antara keduanya.
3. Pastikan kedengarannya bagus. Faktanya adalah bahwa jika kedengarannya bagus, Anda mungkin melakukannya dengan benar. (PETUNJUK: Jika kedengarannya tidak bagus untuk Anda, tekan senar lebih kuat dengan jari Anda.)
4. Sekarang belajar menikmati bermain akord gitar dengan memilih beberapa lagu favorit Anda yang memiliki akord gitar dasar ini dan mainkan sampai Anda bisa bernyanyi bersama. (FYI: Beatles memiliki banyak pilihan lagu terkenal yang menggunakan akord gitar dasar sebagai dasarnya.)
5. Mainkan setiap hari! Anda harus ingat bahwa meskipun sulit pada awalnya, Anda akan membuat kemajuan dan bermain gitar akan menjadi lebih mudah dengan memainkannya secara konsisten. 6. Praktek! Ingat latihan gitar membuat musik gitar yang sempurna!

Memang, belajar bermain gitar bisa menjadi banyak kerja keras. Tapi kemudian, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa ketika Anda belajar gitar sendiri itu akan mudah, hanya saja itu akan sia-sia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *